"WELCOME TO MY BLOG -elmos's-" Rizka's: LABEL & ENVELOPE PADA OPENOFFICE Rizka's: LABEL & ENVELOPE PADA OPENOFFICE

Rabu, 11 Desember 2013

LABEL & ENVELOPE PADA OPENOFFICE

LABEL PADA OPENOFFICE

1. Pertama buka aplikasi open office pengolah kata

2. Pilih menu File - New – Label

3.  Kotak dialog label akan muncul, pilih database dan table 'data' dan masukan field yang ingin di tampilkan dalam table, saya memilih field 'first name' lalu klik tanda panah.

4. Maka akan otomatis field 'first name' akan masuk ke dalam kolom di sebelah kiri. Masukan pula field 'Address line' dan 'City'

5. Di menu format, atur ukuran label seperti di bawah. saya menggunakan ukuran label T&J yang di rubah ke inchi.

6. Di menu options, pilih entire Page, dan klik New Doc

7. Maka otomatis lembar kerja kita akan berubah menjadi tabel tabel.

8. Atur posisi isi label dengan merata tengah kan, dan meng'enter satu kali sebelum field 'first name'

9. Jika dirasa cukup, klik menu tools - mail merge wizard

10. Makan akan muncul kotak dialog baru. di step 1, pilih use the current doc, next

11. Di step 2, pilih Letter, lalu next.

12. Pada step 3, pilih select different address list.

13. Pilih database 'data', klik OK

14. Kembali pada step 3, Klik Next.

15. Pada step 4, klik Next

16. Pada step 6, Klik Next

17. Pada step 7, klik Next

18. Pada step 8, Klik Save starting doc.

19. Beri nama file, klik save.

20. dan kita akan kembali pada step 8, klik FINISH

21. Dan tabel telah terisi oleh data penerima.

ENVELOPE PADA OPENOFFICE

1. Pertama kita buka aplikasi openOffice

2. Pilih menu insert-Envelope

3. Akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini, di menu Envelope, pilih database dan table menjadi 'data' , dan pada database field, masukan data yang diinginkan dengan cara pilih field, lalu klik tanda panah.

4. saya memasukan dield 'first name' , dan hasilnya seperti ini.

5. Masukan pula field 'address line 1', dan 'city' , hingga seperti dibawah. jika telah selesai Klik New Doc.

6. Maka otomatis lembar kerja kita akan berubah menjadiukuran envelope. Atur tata letak sesuai yang anda inginkan dengan menggeser ruler yang ada.

7. Jika selesai, pilih menu tools, mail merge wizard.

8. Akan muncul kotak dialog mail merge wizard, pada step 1, pilih use the current doc, lalu next

9. Pada step 2, pilih menu Letter, lalu Next

10. Pada step 3, pilih select different address list

11. Pilih 'data' sebagai database penerima envelope. OK

12. Kita akan kembali pada step 3, klik Next untuk melanjutkan ke step berikutnya.

13. Step 4, Klik Next

14. Pada step 6, Klik Next

15. Pada step 7, klik Next

16. Pada step 8, pilih save starting doc

17. Dan envelope telah selesai dan siap di cetak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar