"WELCOME TO MY BLOG -elmos's-" Rizka's: SOFTSKILL NOVEMBER 2 - KONSEP-KONSEP PEMASARAN Rizka's: SOFTSKILL NOVEMBER 2 - KONSEP-KONSEP PEMASARAN

Senin, 30 Desember 2013

SOFTSKILL NOVEMBER 2 - KONSEP-KONSEP PEMASARAN

Konsep – konsep Pemasaran

Pemasaran merupakan sebuah falsafah bisnis yang menyadari pentingnya keterlibatan seluruh elemen organisasi dalam proses pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen sekaligus memenuhi tujuan – tujuan organisasi.

Langkah – langkah yang diperlukan untuk mengaplikasikan konsepsi pemasaran :
1. Menggali informasi mengenai pasar, potensial maupun aktual
2. Merancang dan mengembangkan program pemasaran
3. Mengevaluasi melalui proses penggalian informasi mengenai erektivitas program – program pemasaran perusahaan.

Aktivitas – aktivitas pemasaran seharusnya dilaksanakan dengan mempertimbangkan efisiensi, efektivitas, dan tanggungjawab social pemasaran. Didalam khasanah pemasaran terdapat lima konsep yang mendasari aktivitas pemasaran perusahaan : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran dan konsep pemasaran social.
  1. Konsep produksi  : Meyakini bahwa konsumen akan lebih menyukai produk – produk yang tersedia di mana – mana dan dengan harga murah.
  2. Konsep Produk : Meyakini bahwa konsumen akan lebih menyukai produk – produk yang menawarkan kualitas yang baik, kinerja, atau fitur – fitur yang inovatif.
  3. Konsep Penjualan : Meyakini bahwa bila konsumen dan pelaku bisnis dibiarkan saja, maka mereka tidak akan membeli dalam jumlah yang memadai produk – produk perusahaan. Perusahaan haruslah melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.
  4. Konsep pemasaran : Meyakini bahwa kunci untuk mencapai tujuan perusahaan mencakup usaha perusahaan untuk menjadi lebih efektif daripada para pesaingnya dalam hal menciptakan, menyampaikan, dan mengkomunikasikan kepada pasar sasaran yang ditetapkan nilai manfaat bagi konsumen.
  5. Konsep Pemasaran social : Meyakini bahwa tugas perusahaan adalah menetapkan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien daripada para pesaing dengan cara – cara yang menjaga atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar